Perbandingan Efikasi Diri Matematika Siswa SMPN Kelas 7 Ditinjau Dari Jenis Kelamin
Keywords:
Self Efficacy, Matematika, Jenis KelaminAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan SMP kelas
VII pada aspek Self-Efficacy. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Cikampek. Pemilihan sampel
dengan cara probability Sampling, dengan memilih 2 kelas dengan total 80 responden. Penelitian ini
mengumpulkan data menggunakan instrumen self-efficacy yang diukur menggunakan skala Likert. Hasil
penelitian adalah didapatkan 38 laki-laki dengan skor minmum 17 maximum 30, dan 42 perempuan dengan skor
minimu 19 dan skor maximum 30. Serta tidak terdapat perbedaan antara murid laki-laki dan murid perempuan di
SMPN 1 Cikampek pada Self-efficacy dengan nilai rata-rata laki-laki 40,77 sedangkan murid perempuan 40,27.
Studi ini menentukan bahwa murid laki-laki memiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi dalam
kemampuan matematika mereka, kemampuan untuk meningkatkan diri dari pengalaman dalam belajar matematika
sebelumnya, kemampuan untuk menggunakan panutan sebagai motivasi untuk belajar, kemampuan untuk
memahami pendapat dan perspektif orang lain terhadap kinerja mereka, dan lebih efektif dalam mengelola emosi
mereka (mis. kecemasan dan suasana hati).