Analisis Kognitif dan Afektif dalam Pengembangan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Pembelajaran Matematika: Kajian Literatur
Keywords:
higher order thinking skills, kognitif, afektif, pembelajaran matematika, asesmenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur sistematis mengenai keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam pembelajaran matematika, khususnya yang berkaitan dengan aspek kognitif dan afektif. Melalui analisis 20 artikel dan jurnal ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2021 hingga 2023, kajian ini mengidentifikasi konsep, teori, implementasi, serta tahapan dalam penerapan HOTS di berbagai konteks pendidikan matematika di Indonesia. Hasil kajian menunjukkan bahwa aspek kognitif dalam HOTS berperan penting dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kreatif siswa. Sementara itu, aspek afektif seperti motivasi, sikap, dan minat siswa terhadap matematika turut mempengaruhi keberhasilan pengembangan HOTS. Tantangan dalam implementasi HOTS ditemukan pada kurangnya kesiapan guru, materi ajar yang kurang mendukung, dan asesmen yang belum konsisten. Berdasarkan temuan ini, penelitian ini
memberikan rekomendasi untuk memperkuat pelatihan guru, pengembangan kurikulum, serta penerapan asesmen yang sesuai guna meningkatkan efektivitas pembelajaran berbasis HOTS di Indonesia.