Kemampuan Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Teorema Pythagoras

Authors

  • Meida Rosita Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kiki Nia Sania Effendi Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

Kemampuan Menyelesaikan Masalah, Matematika, Teorema Pythagoras

Abstract

Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam
menyelesaikan masalah saat mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi Teorema Pythagoras. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Materi Teorema Pythagoras merupakan bagian dari kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII dan sangat relevan dalam kehidupan sehari-hari. Tereoma Pythagoras merupakan konsep yang sering ditemui dalam kehidupn sehari-hari, seperti pada saat peserta didik akan menghitung tinggi tangga yang bersandar pada tembok. Data dikumpulkan dengan pemberian tes soal uraian yang berkaitan dengan materi Teorema Pythagoras dan tes tersebut telah divalidasi sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 22,5% peserta didik memperoleh kategori tinggi, 37,5% peserta didik memperoleh kategori sedang dan 40% peserta didik memperoleh kategori rendah.

Published

2025-05-11

Issue

Section

Articles