Systematic Literature Riview: Kesalahan Peserta Didik SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan dan Deret Aritmatika
DOI:
https://doi.org/10.35706/rjrrme.v3i2.20Kata Kunci:
Barisan dan Deret Aritmatika, Soal Bentuk Cerita, Teori Newman, Peserta didik SMAAbstrak
Penelitian ini berfokus pada analisis kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam menyelesaikan soal cerita pada topik barisan dan deret aritmatika, yang merupakan bagian dari matematika peminatan. Kesulitan dalam memahami konsep ini sering kali mengakibatkan kesalahan dalam penyelesaian masalah. Tujuan melakukan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mengklasifikasi kesalahan tersebut berdasarkan teori Newman, dengan memperhatikan transisi dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka. Metode Systematic Literature Riview (SLR) diterapkan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari literatur yang relevan (tahun publikasi 2019-2024) yang ditemukan melalui Google Scholar dan aplikasi Publish or Perish (PoP) dengan kata kunci barisan dan deret aritmatika, soal cerita, teori Newman, dan peserta didik SMA. Berdasarkan hasil penelitian mengindikasikan adanya tiga kategori kesalahan utama yakni kesalahan pemahaman (comprehension error), kesalahan transformasi (transformation error), dan kesalahan proses (process skill error). Kurikulum 2013 yang berfokus pada penguasaan konsep menghadapi kendala seperti pendekatan yang kurang interaktif, sehingga peserta didik tetap mengalami kesulitan. Kurikulum Merdeka, dengan pendekatan fleksibel dan berbasis proyek, menawarkan peluang peningkatan pembelajaran melalui penguatan kompetensi berpikir kritis dan pemecahan masalah.