Eksplorasi Hubungan Augmented Reality Dan Kecemasan Terhadap Penerapan Kecakapan Matematis Pada Pembelajaran Geometri
DOI:
https://doi.org/10.35706/rjrrme.v3i2.22Kata Kunci:
Kecemasan, Kecakapan MatematisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam hubungan penerapan Augmented Reality (AR) dan kecemasan terhadap kecakapan matematis siswa dalam menyelesaikan masalah geometri baik secara parsial maupun bersama-sama. Kecemasan yang berlebihan dapat memberikan dampak pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah, sementara AR menawarkan cara untuk meredakan kecemasan dengan menghadirkan konsep-konsep matematika secara interaktif dan menarik. Kecakapan matematis terdiri dari pemahaman konsep, keterampilan prosedural, strategi pemecahan masalah, penalaran adaptif, dan disposisi produktif yang saling berkaitan. Penelitian ini melibatkan 99 siswa SMA kemudian dipilih 79 siswa sebagai sampel. Dipilih dua siswa sebagai subjek yang memiliki kecemasan rendah dan tinggi. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan berganda serta kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan baik secara parsial maupun bersama-sama antara penerapan AR dan kecemasan terhadap kecakapan matematis. Serta siswa kecemasan rendah yang diajar dengan media AR dapat menggunakan kecakapan matematis yang dimiliki secara lengkap sehingga dapat menyelesaikan masalah geometri sedangkan siswa kecemasan tinggi yang diajar dengan media AR menerapkan kecakapan yang kurang lengkap sehingga memberikan penyelesaian masalah yang tidak sesuai.