Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Persoalan Open Ended Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Penulis

  • Syaira Aisha Putri Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Hendra Kartika Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/rjrrme.v3i2.25

Kata Kunci:

Bangun Ruang Sisi Datar, Kemampuan Berpikir Kreatif, Open Ended Question

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan soal open ended materi bangun ruang sisi datar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2023/2024 sebanyak 42 siswa.  Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Bekasi yang telah mempelajari materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif menggunakan instrumen tes berpikir kreatif dengan 1 soal uraian. Hasil tes kemampuan berpikir kreatif dianalisis berdasarkan tiga indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Kelancaran adalah kemampuan menghasilkan banyak solusi benar, keluwesan menghasilkan berbagai macam solusi, kebaruan menghasilkan solusi baru dan tidak konvensional. Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) siswa dapat dikategorikan sebagai tinggi, sedang, atau rendah. Dari hasil analisis diketahui (1) sebanyak 2 siswa berkemampuan berpikir kreatif matematis tinggi memperoleh persentase 4,76% (2) 32 siswa berkemampuan berpikir kreatif matematis sedang memperoleh persentase 76,19% (3) 8 siswa berkemampuan berpikir kreatif matematis rendah memperoleh persentase 19,05%, dengan rata-rata nilai sebesar 26,67 yang mana nilai tersebut belum mencapai KKM. Berdasarkan hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berada pada kategori rendah.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-16

Cara Mengutip

Putri, S. A., & Kartika, H. (2025). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Persoalan Open Ended Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 3(2), 61–70. https://doi.org/10.35706/rjrrme.v3i2.25

Terbitan

Bagian

Articles