PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v13i1.1Keywords:
Pembelajaran Make a Match, Fungsi Komposisi, Kemampuan Komunikasi MatematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan model pembelajaran Make a Match terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dalam materi fungsi komposisi. Subjek penelitian terdiri dari 40 siswa kelas XI RPL di SMK Darul Lughah Wal Karomah. Metode yang diterapkan adalah kuantitatif dengan desain One Group Pre-Test-Post-Test. Analisis yang dilakukan meliputi uji normalitas dan uji T-test (Paired Sample T-Test). Hasil uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk menunjukkan nilai signifikan 0,097 (Pre-Test) dan 0,057 (Post-Test), yang mengindikasikan distribusi normal (signifikansi > 0,05). Rata-rata nilai kelas sebelum penerapan model pembelajaran Make a Match adalah 70,750, sedangkan setelah penerapan meningkat menjadi 84,125. Uji Paired Sample T-Test menunjukkan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05, yang menandakan efektivitas model tersebut. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA). Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA). Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).