PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Authors

  • Moh Efendi Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Wahyu Lestari Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Eko Waluyo Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v13i1.1

Keywords:

Pembelajaran Make a Match, Fungsi Komposisi, Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan model pembelajaran Make a Match  terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dalam materi fungsi komposisi. Subjek penelitian terdiri dari 40 siswa kelas XI RPL di SMK Darul Lughah Wal Karomah. Metode yang diterapkan adalah kuantitatif dengan desain One Group Pre-Test-Post-Test. Analisis yang dilakukan meliputi uji normalitas dan uji T-test (Paired Sample T-Test). Hasil uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk menunjukkan nilai signifikan 0,097 (Pre-Test) dan 0,057 (Post-Test), yang mengindikasikan distribusi normal (signifikansi > 0,05). Rata-rata nilai kelas sebelum penerapan model pembelajaran Make a Match adalah 70,750, sedangkan setelah penerapan meningkat menjadi 84,125. Uji Paired Sample T-Test menunjukkan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05, yang menandakan efektivitas model tersebut. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Downloads

Published

2025-03-24

How to Cite

Efendi, M., Lestari, W., & Waluyo, E. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 13(1), 135–152. https://doi.org/10.35706/judika.v13i1.1