PERAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KECEMASAN DALAM MENGEMBANGKAN KECAKAPAN MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v13i1.14Keywords:
Kecakapan Matematis, Media Pembelajaran, KecemasanAbstract
Kecemasan merupakan bagian afektif yang dapat menghambat atau meningkatkan kecakapan matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan media pembelajaran yaitu youtube dan buku teks serta peranan tingkat kecemasan yang berbeda terhadap kecakapan matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Faktorial Grup Desain dua kategori. Kelompok eksperimen adalah siswa yang diajar dengan media youtube dengan tingkat kecemasan berbeda. Sedangkan kelompok kontrol adalah siswa yang diajar dengan buku teks dengan tingkat kecemasan berbeda. Instrumen yang digunakan adalah soal kecakapan matematis serta angket kecemasan dalam belajar matematika. Analisis data yang digunakan adalah uji anava 2 x 2 dan uji tukey. Penelitian ini menujukan bahwa pada siswa dengan kecemasan rendah memiliki penerapan kecakapan matematis yang lebih baik ketika diajar menggunakan media youtube dibandingkan dengan buku teks sedangkan pada siswa dengan kecemasan tinggi tidak terdapat perbedaan signifikan dalam menerapkan kecakapan matematis meskipun telah diajar dengan media pembelajaran yang berbeda. Sehingga guru harus dapat melakukan pemilihan metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecakapan matematis siswa dengan dengan memperhatikan tingkat kecemasan yang berbeda.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA). Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA). Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).