PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS GAMIFIKASI MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ DALAM MENINGKATKAN KOLABORASI DAN KOMUNIKASI MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v13i1.2Keywords:
Project Based Learning, Gamifikasi, Quizizz, Kolaborasi, KomunikasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan model project based learning berbasis gamifikasi menggunakan aplikasi quizizz pada mata kuliah matematika kimia dalam meningkatkan kolaborasi dan komunikasi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan sampel mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Jambi yang mengikuti kelas matematika kimia di Kelas Reguler A sebagai kelas eksperimen dan Kelas Reguler B sebagai kelas kontrol pada tahun akademik 2023/2024. Instrumen angket digunakan untuk mengumpulkan data kolaborasi dan komunikasi sebelum dan sesudah penerapan project based learning berbasis gamifikasi menggunakan aplikasi quizizz. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan uji manova. Berdasarkan hasil uji manova diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,021. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan kolaborasi dan komunikasi yang signifikan setelah penerapan project based learning berbasis gamifikasi menggunakan aplikasi quizizz. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning berbasis gamifikasi menggunakan aplikasi quizizz pada mata kuliah matematika kimia efektif dalam meningkatkan kolaborasi dan komunikasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Jambi tahun akademik 2023/2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA). Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA). Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).