PENGEMBANGAN MEDIA MIND MAP BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI HAJI KELAS IX SMP
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v13i1.5Keywords:
Media Pembelajaran, Mind Map, Augmented Reality, HajiAbstract
Sektor Pendidikan, khususnya media pembelajaran sudah banyak mengalami inovasi, namun pada realitasnya perkembangan tersebut belum spenuhnya dimanfaatkan. Beberapa peserta didik yang peneliti wawancarai mengemukakan bahwa gambar yang tersaji pada buku paket mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang menjadi suber belajar utama dalam pembelajaran banyak yang buram dengan warna yang kurang menarik sehingga membuat peserta didik kurang paham dengan maksud dari gambar penjelas yang ada. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mengetahui validitas dan praktikalitas dari media tersebut. Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian berupa media mind map berbasis augmented reality pada materi haji kelas IX di SMP Negeri 1 Bua dijalankan dalam 5 tahap, mulai dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengujian validitas media oleh validator ahli media menunjukkan persentase sebesar 96,25% dengan kategori sangat valid dan validator ahli materi menunjukkan persentase 90% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas menunjukkan persentase sebesar 85% dengan kategori sangat praktis. Jadi dapat disimpulkan bahwa produk penelitian berupa media mind map berbasis augmented reality dapat digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terkhusus pada materi haji kelas IX di SMP Negeri 1 Bua
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA). Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA). Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).