PENGEMBANGAN MEDIA MIND MAP BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI HAJI KELAS IX SMP

Authors

  • Dhia Azizah Faisal Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Nur Fakhrunnisaa Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • St. Marwiyah Institut Agama Islam Negeri Palopo

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v13i1.5

Keywords:

Media Pembelajaran, Mind Map, Augmented Reality, Haji

Abstract

Sektor Pendidikan, khususnya media pembelajaran sudah banyak mengalami inovasi, namun pada realitasnya perkembangan tersebut belum spenuhnya dimanfaatkan. Beberapa peserta didik yang peneliti wawancarai mengemukakan bahwa gambar yang tersaji pada buku paket mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang menjadi suber belajar utama dalam pembelajaran banyak yang buram dengan warna yang kurang menarik sehingga membuat peserta didik kurang paham dengan maksud dari gambar penjelas yang ada. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mengetahui validitas dan praktikalitas dari media tersebut. Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian berupa media mind map berbasis augmented reality pada materi haji kelas IX di SMP Negeri 1 Bua dijalankan dalam 5 tahap, mulai dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengujian validitas media oleh validator ahli media menunjukkan persentase sebesar 96,25% dengan kategori sangat valid dan validator ahli materi menunjukkan persentase 90% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas menunjukkan persentase sebesar 85% dengan kategori sangat praktis. Jadi dapat disimpulkan bahwa produk penelitian berupa media mind map berbasis augmented reality dapat digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terkhusus pada materi haji kelas IX di SMP Negeri 1 Bua

Downloads

Published

2025-03-24

How to Cite

Faisal, D. A., Fakhrunnisaa, N., & Marwiyah, S. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA MIND MAP BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI HAJI KELAS IX SMP. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 13(1), 119–134. https://doi.org/10.35706/judika.v13i1.5